MUI Catat 3 Hal Penting Kunjungan Raja Arab Saudi ke Indonesia

Photo
Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud/Istimewa

LINTAS7.COM – JAKARTA – Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi menyatakan, pihaknya mencatat 3 hal penting dari kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia.

Pertama, pengembangan Islam moderat di Indonesia dan Arab Saudi dibuat bertujuan menjunjung tinggi nilai toleransi antar umat Islam.

BACA JUGA:

“Indonesia dan Arab Saudi memiliki komitmen yang sama untuk mengembangkan Islam Wasathiyah (moderat), Islam yang menjunjung tinggi nilai Tasamuh (toleransi) dan Tawazun (keseimbangan). Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. Bukan Islam yang ekstrim (tatharruf), baik ekstrim kanan maupun ekstrim kiri,” ujar Zainut, Jumat (03/03/17).

Ia pun berharap, dengan kunjungan Raja Salman ke Indonesia mampu menanamkan dasar dasar toleransi dan persaudaraan antar umat Islam.

Hal berikutnya yang tak kalah penting adalah terkait dengan komitmen bersama untuk melawan radikalisme dan terorisme.

Zainut menambahkan bahwa munculnya radikalisme dan terorisme disebabkan dari beberapa faktor.

“Radikalisme atau terorisme bisa oleh faktor ekonomi, ketidakadilan dan perlakuan yang diskriminatif penguasa terhadap kelompok masyarakat tertentu. Untuk hal tersebut komitmen Raja Salman memerangi faham radikalisme dan terorisme patut diapresiasi,” jelasnya.

Hal ke tiga yang menjadi catatan Zainut ,terkait meningkatkan kerjasama antar negara.

“Dan lebih dari itu kerja sama bilateral antara Arab Saudi dengan Indonesia akan menentukan stabilitas keamanan di kedua kawasan,” kata Zainut.(*)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR