Selamat Jalan Sahabatku, John Oktavianus Silaban

John Silaban
Tokoh Buruh Indonesia, almarhum John Oktavianus Silaban. (Foto Istimewa)

LINTAS7.COM – JAKARTA – Aktivis 98, John Oktavianus Silaban yang selama ini mengabdikan diri berjuang membela kaum buruh, kini telah tiada. John meninggal sekira pukul 09.00 WIB akibat serangan jantung, Jumat (31/10/14).

Semasa hidupnya, John pernah kuliah di Universitas Gunadarma, Depok. Dan dia merupakan mantan aktivis Forum Kota (Forkot) 1998. Kiprah John sebagai aktivis terus berlanjut hingga mengabdikan dirinya sebagai pejuang buruh hingga akhir hayatnya.

Dimata teman-temannya John merupakan lelaki yang periang, jarang marah dan memiliki prinsip yang kuat. Hal itu diakui Pemimpin Redaksi (Pemred) Lintas7.com, Muhammad Jokay, yang pernah bersama-sama mengawali membangun kekuatan buruh di Cikarang, bekasi, Jawa Barat.

“Dimata saya John merupakan teman yang enak yang diajak bicara, dia periang, jarang marah dan punya prinsip yang kuat berjuang. Saya sempat lama bersama almarhum membangun kekuatan buruh di Cikarang, bagi saya almarhum adalah tokoh buruh Indonesia. Karena jarang ada orang intelektual sekelas John yang mau mengabdikan dirinya berjuang bersama buruh mengambil jalur ekstraparlementer,” urai Jokay.

Pendiri Forum Diskusi Wartawan (Fordiswan) ini mengaku, kaget mendengar kabar bahwa John Silaban, telah tiada. Jokay merasa kehilangan tokoh buruh itu. Jokay berdoa semoga amal ibadah sahabatnya itu diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dan, Jokay berharap tema-teman John di Front Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI) mampu meneruskan cita-citanya membebaskan buruh dari cengkaraman gurita kapitalisme.

“Selamat jalan John Oktavianus Silaban, sahabat ku, cita-citamu sungguh mulia, semoga John diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa. Saya sangat berharap teman-teman FPBI terus berjuang meneruskan cita-cita almarhum membebaskan buruh dari cengkreman gurita besar kapitalisme,” tandas Jokay. (*)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR