Selalu Satu Suara, DPR Seperti Grup Orkestra

foto
Rapat Paripurna DPR RI/L7COM

LINTAS7.COM – Pengamat Komunikasi Politik Maksimus Ramses Lalongkoe menilai, DPR seperti grup orkestra yang selalu satu suara tanpa ada perdebatan.

“Saya melihat DPR ini grup oskestra satu suara semua, gak ada debat disana,” ucap Maksimus di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (06/06/17).

Dia bahkan menduga adanya barter politik antara DPR dan pemerintah, melihat apa yang diusulkan oleh pemerintah DPR selalu mengamini.

Hal itu diungkapkannya terkait dengan usulan DPR yang akan menambahkan pimpinan MPR RI sebanyak enam orang sehingga menjadi 11 orang. Untuk DPD dan DPR diwacanakan akan ditambah masing-masing dua kursi.

“Penambahan pimpinan itu tidak urgen karena kan berpengaruh pada anggaran. Apa yang sangat fundamental sehingga pimpinan semua ditambah ini sangat berpengaruh pada anggaran belum rumah dinasnya, serta mobil dinasnya. Seharusnya untuk infrastruktur di daerah guna kesejahteraan daerah. Kenapa ada penambahan dapil. Ini ada kesepakatan dengan pemerintah, DPR dan Ketum-ketum parpol untuk penambahan,” ungkapnya.

Sebelumnya, dalam rapat pembahasan RUU MD3 di Badan Legislasi (Baleg) DPR RI muncul usulan baru soal pembahasan revisi UU MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3). Usulan tersebut yaitu penambahan jumlah pimpinan DPR menjadi 7 kursi, pimpinan MPR menjadi 11 kursi, dan pimpinan DPD menjadi 5 kursi.

Pembahasan revisi UU MD3 juga melibatkan pimpinan parpol. Usulan penambahan jumlah kursi muncul di tengah perdebatan tambahan pimpinan dewan di revisi UU MD3.(Eka)

Baca Juga:

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR