Produk Hemat Energi Ilegal

foto
Kartu Hemat Energi/setkab.go.id

LINTAS7.COM – Jakarta – Pihak Sekretariat Kabinet akhirnya buka suara terkait maraknya perbincangan di media sosial tentang produk Xtra Card atau kartu hemat energi yang dikabarkan bisa menghemat penggunaan listrik, bahan bakar minyak (BBM), hingga elpiji.

Pemilik akun Facebook yang mengunggah informasi Xtra Card mengatakan bila kartu seharga Rp 400.000 itu bisa menghemat daya listrik, BBM, hingga penggunaan elpiji sampai 30 persen untuk jangka waktu 3 sampai 5 tahun.

Dalam akun tersebut juga dicantumkan tata cara pemesanan dan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Namun pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM) menegaskan pemerintah tidak pernah mengeluarkan kartu tersebut.

Seperti dilansir dari setkab.go.id, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng menyebut pengadaan kartu Xtra Card itu melanggar hukum.

“Penerbitan Xtra Card bukan rekomendasi dari pemerintah maupun Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan tergolong perbuatan ilegal yang berisiko pada tindak pidana,” kata Andy.

Andy berharap masyarakat tidak mudah tertipu oleh pihak yang mengatasnamakan pemerintah, PLN, atau pihak terkait lainnya.

Andy juga menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan ke pihak berwenang bila ada tindakan yang merugikan untuk ditindak lebih lanjut.

TINGGALKAN KOMENTAR