Prabowo Jadi Penantang Tertinggi Jokowi di Pilpres 2019

Pertemuan
Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto/istimewa

LINTAS7.COM – Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA memprediksi ada empat nama yang kemungkinan besar menjadi penantang Jokowi di Pilpres 2019.

Peneliti LSI Adjie Alfaraby menyebut, empat nama itu adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) serta mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

“Diantara empat nama ini yang kemungkinan besar menjadi penantang Jokowi di Pilpres 2019,” ucapnya Adjie di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta (02/02/18).

Menurut Adji di Pilpres 2019 nanti, dimungkinkan juga terjadi rematch antara Jokowi-Prabowo karena saat ini, elektabilitas Prabowo paling tinggi diantara penantang yang lain.
Terlebih, Prabowo bersama Gerindra dan PKS juga sangat intens membangun koalisi di parlemen maupun di banyak Pilkada.

“Dari nama-nama yang akan bertarung hanya Prabowo Subianto yang masuk divisi satu (Popularitasnya diatas 90%). Popularitas Prabowo diangka 92.5%. Anies Bawedan dan AHY masuk ke Divisi dua (Popularitas diantara 70-90%) dan hanya Gatot Nurmantyo yang memenuhi kriteria divisi tiga. popularitas Gatot sebesar 56.5%,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia melihat, apabila Prabowo tidak maju sebagai capres maka, lawan Jokowi yang mungkin antara lain, Jokowi Versus AHY, Jokowi versus Anies Baswedan atau Jokowi versus Gatot Nurmantyo.

Hanya saja, ia memandang keuntungan Prabowo jika tetap maju melawan Jokowi pada Pilpres 2019, ia akan memberikan eek kepada Gerindra .

“Di era pemilu serentak ada tendesi pemilih ketika memilih capres juga memilih partai utama mengusungnya. Dengan menjadi kompetitor utama Jokowi, Gerindra dapat terkerek menjadi partai papan atas,” ungkapnya.

Survei dilakukan pada periode 7-14 Januari 2018 dengan metode multistage random sampling. Ada 1.200 responden yang disurvei. Margin of error survei 2,9 persen. Metode wawancara adalah tatap muka dan menggunakan kuesioner.(*)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR