PMKRI Cabang Jakarta Pusat Suarakan Persatuan

Aksi
Aksi teaterikal PMKRI di Gedung Sumpah Pemuda/L7COM

LINTAS7.COM – JAKARTA – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cabang Jakarta Pusat menggelar aksi teatrikal dan mimbar bebas dalam rangka merayakan 88 tahun Hari Sumpah Pemuda.

Aksi tersebut dilaksanakan di alun-alun Museum Sumpah Pemuda, Kramat, Jakarta Pusat (28/10/10).

BACA JUGA :

 

Rinto Namang menyebut, aksi ini merupakan penegasan kepada seluruh pemuda bangsa Indonesia terkait makna Sumpah Pemuda yang kian luntur di tengah bangsa ini.

“Kami hendak menegaskan kepada seluruh anak muda bahwa saat ini kita sedang mengalami krisis identitas sebagai pemuda”, katanya di Gedung Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, Jumat (28/10/16).

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa peran pemuda sebagai corong perubahan dan pemersatu bangsa kehilangan taji.

“Pemuda kini cenderung melupakan perannya sebagai pemersatu dan pembaru bangsa”, tandas lulusan STF Driyarkara Jakarta itu.

Senada dengan Namang, Presidium Gerakan Kemasyarakatan PMKRI Cabang Jakarta Pusat Darius Prawiro Deusritus menghimbau, kepada seluruh elemen pemuda nasional untuk terlibat aktif di dalam proses demokrasi sebagai penggerak perjuangan merawat persatuan bangsa.

“Hari ini hendaknya menjadi momentum napak tilas pemuda untuk menyadari sejarahnya bahwa pemuda adalah penjaga kebhinekaan sebagai suatu keniscayaan kita berdemokrasi”, tegas pria yang akrab disapa Ritus ini.

Selain itu, dia menegaskan, bahwa para pemuda dan mahasiswa akan selalu menjaga kebhinekaan dalam merayakan keindonesiaan yang majemuk ini.

“Kita akan terus mengawal persatuan Indonesia sebagai tumpah darah yang melahirkan semua anak bangsa,” tandasnya.

Selepas menggelar aksi teatrikal, massa aksi melanjutkan napak tilas di lingkungan Museum Sumpah Pemuda, Kramat, Jakarta Pusat, san bergerak menuju Tugu Tani – Jakarta untuk menggelar aksi selebaran dan orasi kebangsaan.(*)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR