Pentingnya Penegakan Hukum yang Adil dan Tegas

Ilustrasi
Photo : Ilustrasi palu hakim/Istimewa

LINTAS7.COM – JAKARTA – Di era demokrasi liberal saat ini, Indonesia terus menghadapi berbagai masalah yang menyangkut dengan hukum, baik itu berbagai kasus korupsi yang dimulai dari tingkatan masyarakat bawah hingga tingkat pejabat.

Hal ini disebabkan lantaran telah rusaknya sistem tatanan negara yang sudah dihantam liberalisasi. Sehingga, bukan saja sistem negara yang menjadi liberal, melainkan pemikiran-pemikiran pejabat negaranya hingga masyarakatnya.

Terkait pada permasalahan itu, saat ini, negara sangat membutuhkan penegakan hukum yang adil dan tegas guna memperbaiki kerusakan sistem negara yang berakibat kepada kerusakan dalam sebuah rakyatnya. Kerusakan itu juga disebabkan karena seperti halnya contoh, mendalamnya budaya korupsi yang sudah mendarah daging dan juga sudah maraknya peredaran narkoba yang semakin membuat kehidupan sosial masyarakat semakin hancur.

Mengapa penegakan hukum harus adil dan tegas?

Kedua masalah tersebut ada karena pertahanan negara yang sudah lemah. Bahkan penegakan hukum pun juga masih dikuasai oleh kepentingan-kepentingan golongan yang mampu membayar. Oleh sebab itu, saat ini negara sangat membutuhkan penegakan hukum yang adil dan tegas agar mampu menciptakan pertahanam negara yang benar-benar kuat serta penegakan hukum yang tegas agar negara tidak lagi bisa kecolongan oleh para penjahat yang ingin merampok dan menjadikan negara ini sebagai lahan emas bagi kepentingan golongan saja.

Selain itu, penegakan tersebut mulai dari TNI, Polri, Kejaksaan, KPK dan institusi penegak hukum lainnya sudah harus dirombak habis-habisan serta diisi oleh orang-orang yang memiliki track record yang jelas, teruji dihadapan masyarakat dalam arti ketegasan dan keadilannya. Begitupun presiden yang sebagai panglima tertinggi negara harus memiliki kepemimpinan yang mampu menjadi seorang Ayah, Ibu dan bahkan Teman bagi rakyatnya.(*)

(Ady Kurniawan)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR