Pengamanan Pelantikan Jokowi Berlapis Empat

Siaga
Siaga. (Foto Istimewa)

LINTAS7.COM – JAKARTA – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono mengatakan, sebanyak 28 ribuh personil gabungan Polri dan TNI akan mengamankan jalannya prosesi pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) yang rencananya digelar di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta (20/10/14).

“Pagi ini kita lakukan apel siaga pengamanan, jadi total persiapannya ada 24.815 itu Polda Metro Jaya dan jajaran di back up Mabes Polri, yaitu dari Korps Brimob dan dari 12 Polda yang datang ke DKI, Kemudian di backup Pangdam jaya 4.400 personel,” kata Unggung, di Mapolda Metro Jaya, Kamis (16/10/14).

Menurut Unggung, pengamanan pelantikan Jokowi sebagai Presiden RI ke-7 akan dibagi tugas menjadi empat lapis, ring. Ring pertama keamanan diserahkan ke Paspampres.

“Ring 1 Paspampres dan ranahnya bapak Pangdam Jaya, namun ada anggota kami juga disana yaitu Direktorat Pamobvit,” ujarnya.

Ring kedua, di Gedung Parlemen, Senayan, diamankan oleh Polri. Sedangkan Ring ketiga dibagi menjadi dua yaitu, tiga A di pintu depan dan tiga B di pintu belakang. Ring tiga A akan dibantu oleh pasukan satwa seperti pasukan anjing dan berkuda.

Sedangakan ring tiga B akan dibantu pasukan kuda, Dalmas awal, Dalmas lanjutan, dan kemudian Brimob.

Sementara itu, aparat kemanan juga akan disebar disepanjang jalur mulai dari Gedung Parlemen hingga Monumen Nasional (Monas). Hal itu dilakukan untuk mengamankan jalannya pesta rakyat menyambut Presiden RI ke-7, Jokowi oleh ratusan ribuh pendukung Jokowi-JK yang tergabung di dalam berbagai macam relawan. (*)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR