Ketua MPR Ajak Ulama Kokohkan Persatuan Bangsa

foto
Zulkifli Hasan/Istimewa

LINTAS7.COM – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta seluruh para ulama untuk bersatu padu menjaga umat dan mengokohkan persatuan bangsa.
Hal itu, kata Zul, sangat dimungkinkan karena peran ulama dalam kemerdekaan sangatlah besar.

“Tidak mungkin kita merdeka tanpa peran-peran ulama. Bagaimana Kyai Hasyim Asy’ari menggelorakan kemerdekan bangsa hingga semua umat bergelora dan Bung Tomo menyerukan Allahu Akbar saat perang,” kata Zulkifli dalam sambutannya dalam acara ‘Rakernas Komisi Hukum dan PUU-MUI Tahun 2017’ di hotel menara Paninsula Slipi, Jakarta Barat, Kamis (12/10/17).

“Saya berharap para ulama benar-benar mempersatukan umat, bersatu padu untuk kokoh,” imbuh dia.

Zulkifli mengingatkan, agama sebagai suatu keyakinan dan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia masih sering dianggap berseberangan oleh sebagian masyarakat.

Padahal, menurut dia, Pancasila sama sekali tidak bertolak belakang dengan agama. Apalagi, ia mengingatkan, ada sebagian masyarakat yang memandang jika agama bisa menjauhkan dengan kebangsaan.

“Banyak yang salah paham bahwa agama akan menjauh dari kebangsaan, peran ulama juga merasa dipinggirkan. Sekarang, saya berharap ulama bersuara, Pancasila itu mempersatukan bukan menjauhkan,” ujar dia. (*)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR