Keris Singosari yang Paling Tertua Diantara Keris yang Dipamerkan

Keris
Photo : Keris Singosari/istimewa

LINTAS7.COM – JAKARTA – Puluhan Keris milik Anggota DPR RI, dan Menteri Dalam Negeri (mendagri) Tjahjo Kumolo serta pengacara kondang Adnan Buyung Nasution, ikut dalam pameran benda pusaka yang digelar oleh DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/05/15).

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dalam kesempatan ini memarkan Keris yang disukainya kepada wartawan. Fadly mengatakan, Keris miliknya merupakan Keris Singosari berasal dari abad abad ke 11. Keris milik Fadli merupakan benda pusaka yang paling tua diantara Keris-Keris yang lainnya yang dipamerkan.

“Ini yang paling tua, dari abad ke-11,” kata Fadli, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/05/15).

Usut punya usut, keistimewaan keris tersebut terletak di kelangkaannya. Dalam dunia perkerisan, tangguh Singosari sangat langka, karena jumhlahnya tidak banyak. Keris-keris ini kemungkinan besar tertinggal saat ada ekspansi ke Melayu. Yang menarik dari Keris Singosari ini adalah detailnya yang sempurna.

Dipameran itu, terlihat pula keris milik pengacara kondang Adnan Buyung Nasution yang terlihat mewah karena berhiaskan batu mulia. Keris tersebut bernama Tilam Upih yang ada sejak abad 16-17. Setidaknya ada enam Keris milik Buyung yang dipamerkan di Gedung DPR diantaranya, Keris Parungsari dari Madura dan Keris Nagabasuki yang dibuat di Madura pada Abad 14-15.

Tidak ingin ketinggalan, Mendagri Tjahjo Kumolo juga ikut mempamerkan salah satu koleksi kerisnya yaitu, Keris Naga Siluman yang berukuran cukup besar terpampang dengan gagahnya.

Naga Siluman adalah nama dari dhapur keris ini. Keistimewaan Keris Tjahjo ada di pahatan Kepala Naga tanpa Badan.(*)

KLIK SEBELUMNYA

BAGIKAN

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR