Kelompok Separatis Tembak Jatuh 2 Jet Tempur Ukraina

SAVUR MOGILA – Dua pesawat jet tempur Ukraina jatuh usai ditembak oleh kelompok separatis pro-Rusia. Insiden terjadi di tengah tuduhan kelompok itu sebagai penembak pesawat komersial milik Malaysia Airlines MH17.

Melansir dari NBC, Rabu (22/7/2014), salah satu pejabat Ukraina mengatakan, pesawat tersebut jatuh di wilayah Savur Mogila. Namun, sampai berita ini diturunkan belum ada informasi yang bisa dikonfirmasi dari pihak Pemerintah Ukraina.

Hal ini juga dibenarkan oleh seorang pejabat Amerika Serikat (AS) bahwa sampai saat ini belum ada informasi yang tersedia atas insiden itu.

Seperti diketahui insiden ini terjadi selang enam hari pesawat MH17 jatuh di wilayah Ukraina Timur. AS menuduh bahwa jatuhnya MH17 akibat serangan rudal yang ditembakkan oleh kelompok separatis pro-Rusia.

Selain itu, AS menuduh Rusia bertanggung jawab karena diduga memasok senjata kepada kelompok separatis. Namun, tuduhan tersebut dibantah oleh kedua belah pihak.

Rusia menuding balik Ukraina yang melakukan penyerangan terhadap pesawat asal Malaysia itu. Rencananya pesawat yang membawa 298 orang termasuk penumpang dan kru pesawat hendak melakukan perjalanan dari Amsterdam, Belanda menuju Kuala Lumpur Malaysia. (ang) (rhs)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR