Jusuf Kalla Minta Hamas dan Fatah Bersatu Lawan Israel

foto
Hamas dan Fatah

LINTAS7.COM – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta kepada Hamas dan Fatah untuk bersatu menghadapi tentara Israel.

Pernyataan Kalla menyikapi konflik Israel dan Palestina yang memicu pembatasan ibadah umat muslim di Masjid Al-Aqsa.

Diketahui, Hamas dan Fatah hingga saat ini masih berseberangan, baik dalam gerakan maupun ideologi politik.

“Orang Palestina sendiri harus bersatu karena sampai sekarang Palestina, Fatah dengan Hamas tidak bersatu. Jadi bagaimana mereka melawan Israel kalau sendirian, karena tidak bersatu,” kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa [25/07/17].

Menurut Kalla, masalah Palestina dan Israel adalah masalah klasik yang tak kunjung selesai.

Kalla menyebut, bahwa dunia internasional sudah menyerukan kemerdekaan Palestina. Pada beberapa tahun terakhir, Organisasi Kerja Sama Islam [OKI] dan Perserikatan Bangsa-Bangsa [PBB] juga mendorong perdamaian Palestina.

“Intinya, mereka [warga Palestina] memang harus bersatu dulu, Itu dulu, baru kemudian tentu kalau solidaritas sangat tinggi di mana-mana,” ujar Kalla

Sebagaimana diketahui sikap Indonesia terhadap kedaulatan Palestina jelas dan tegas, hal ini sesuai dengan nilai-nilai politik luar negeri Indonesia yang menentang segala bentuk penjajahan di muka bumi.

Sejalan dengan sikap itu sudah banyak ratifikasi yang ditorehkan oleh Indonesia, seperti menginisiasi Piagam Dukungan Palestina di Konferensi Asia Afrika [KAA] dan mendukung resolusi terbaru UNESCO terkait Mesjid Al Aqsa.[*]

Baca Juga:

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR