Jokowi Sebut Prabowo Sahabat, Tepuk Tangan Bergemuruh

Joko Widodo
Presiden Joko Widodo. (Foto Istimewa)

LINTAS7.COM – JAKARTA – Setelah mengucapkan sumpah dan janji sebagai Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato pertamanya sebagai presiden di hadapan seluruh hadirin yang hadir dalam rapat paripurna pelantikan presiden dan wapres, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Senin (20/10/14).

Sebelum memulai pidato, Jokowi menyapa para mantan presiden dan wakil presiden satu persatu yang berkesempatan hadir.

Ada moment yang menarik, saat Jokowi menyapa rivalnya saat Pilpres lalu, Prabowo dan Hatta “sahabat”.

“Yang saya hormati, sahabat saya, bapak Prabowo Subianto,” ucap Jokowi.

Prabowo langsung berdiri, dan memberi hormat. Melihat itu, suasana ruang sidang pun bergemuruh oleh tepukan tangan semua yang hadir.

Dalam sambutannya, Presiden RI ke-7 tersebut mengatakan, bahwa kepercayaan yang diberikan masyarakat kepadanya tidak akan disia-siakan. Ia juga mengatakan, bahwa akan berusaha memupuk kembali semangat persatuan dan gotong royong dalam pembangunan, sebagai cerminan kepribadian bangsa indonesia.

“Persatuan dan gotong royong adalah syarat. Itulah yang terlebih dahulu harus dilakukan agar kita mampu menjadi bangsa yang mandiri dan berdaulat,” paparnya.

Dirinya berjanji, akan bertindak atas nama konstitusi. “Saya akan bertindak atas kehendak rakyat dan konstitusi,” ujarnya.

Selain itu, dirinya menegaskan, akan bekerja keras untuk mensejahterakan rakyat, memastikan rakyat di seluruh pelosok tanah air merasakan pembangunan.

“Kita akan bekerja keras siang dan malam. Dan kita harus mampu memastikan rakyat di seluruh pelosok tanah air merasakan pembangunan,” ucap Jokowi.

Selain itu dirinya juga menegaskan tentang penguatan fungsi lembaga-lembaga negara agar dapat bekerja lebih giat dan efisien.

“Kita terlalu lama menunggu, dan inilah saatnya,” ungkapnya.

Di samping penguatan lembaga negara, Jokowi juga menitik beratkan pada penguatan di sektor maritim. (*)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR