Jokowi Orang Terakhir yang Tentukan Kabinet

jokowi
Presiden Terpilih 2014-2019 (Foto Lintas7.com)

LINTAS7.COM – JAKARTA – Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Kementerian Pertanian dan Kementerian ESDM merupakan pos yang bakal diisi oleh sosok yang benar-benar memiliki kepemimpinan yang kuat dan profesional, di samping memahami serta menguasai benar persoalan pangan dan energi. Khusus ESDM dirinya ingin memberantas mafia migas.

“Sudah saya sampaikan, untuk tempat-tempat yang akan menjadi fokus kami, misalnya di pertanian berarti nanti goalnya swasembada pangan itu nanti dipegang oleh orang-orang yang tahu, punya kompetensi, kemampuan leadership di bidang pertanian,” ujar Joko Widodo atau sapaan akrabnya Jokowi di Pasar Notoharjo, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (26/7/2014).

Begitu pula dengan Kementerian ESDM, Jokowi, tidak ingin Kementerian ini terbelit persoalan, seperti persoalan suap SKK Migas.

“Energi. Kementeriannya ESDM. Itu juga harus dipegang oleh orang yang memiliki Leadership yang kuat. Karena di situ mafia banyak. Saya ngomong apa adanya. Jadi (menterinya) harus punya kompetensi, kemampuan manajerial yang kuat dan bersih dan komitmen kuat,” tutur Jokowi.

Namun, Jokowi menegaskan, sejauh ini dirinya bersama parpol-parpol koalisi pendukungnya belum membahas posisi di kabinet. Tidak hanya itu, Jokowi juga mengatakan, dirinya bersama Jusuf Kalla (JK) adalah orang terakhir yang akan menentukan siapa yang layak duduk di kabinet.

“Final terakhir di saya,” tegasnya. (*)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR