Irjen TNI Syafril Mahyudin Buka Kejuaraan Multi Events Piala Panglima TNI

Syafril
Photo : Irjen Syafril Mahyudin/lintas7.com

LINTAS7.COM – JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar Kejuaraan Multi Events Piala Panglima TNI tahun 2015, yang akan berlangsung selama tujuh hari (8 s.d 15 Juni 2015) dan diikuti oleh atlet-atlet TNI baik pria dan wanita dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Inspektur Jenderal (Irjen) TNI Letjen TNI Syafril Mahyudin mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko, membuka upacara Kejuaraan Multi Events Piala Panglima TNI tahun 2015, di Lapangan Sepak Bola Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (08/06/15).

BACA : Kata Dahlan Iskan Jawa Pos Group Jangan Jadi Corongnya

Kejuaraan tersebut dalam rangka keikutsertaan TNI pada 6th Conseil International Du Sport Militaire (CISM) World Military Games 2015 dan 6th World Military Games pada Oktober 2015 di Mungyeong Korea Selatan.

Adapun tujuan digelarnya Kejuaraan Multi Events Piala Panglima TNI tahun 2015, untuk pembinaan prestasi atlet TNI pada forum CISM atau Forum Olahraga Militer Dunia, dan mendukung peningkatan prestasi olahraga nasional pada International Olympic Committee, serta untuk memilih atlet TNI terbaik.

Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Syafril menyatakan, bahwa olahraga prestasi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dan potensi nasional dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat bangsa.

“Disamping tugas pokoknya, setiap prajurit memiliki peluang untuk mengembangkan talenta olahraga prestasi yang dimiliki guna mengangkat harkat dan martabat bangsa dan TNI, baik pada forum Olimpiade Militer Dunia atau CISM maupun membantu meningkatkan prestasi olahraga nasional pada lingkup Sea Games, Asean Games dan Olympic Games,” tutur Syafril.

Sambung Moeldoko, saat ini 37 atlet TNI telah memperkuat kontingen Indonesia di 8 cabang olahraga Sea Games 2015 dan Asian Games 2018.

“Kejuaraan Multi Event harus memenuhi tiga orientasi yang dapat menunjukkan kualitas olahraga prestasi, yaitu: fair oriented, performance oriented, dan event oriented”, tegas Panglima TNI.

Panglima TNI mengharapkan, setiap penyelenggara dan seluruh atlet serta official harus menjunjung sportifitas (fairplay). Pencapaian kinerja optimal dengan menghargai lawan sebagai kawan bertanding dan bagaimana sebuah event diselenggarakan dengan menarik dan memenuhi harapan bersama.

Adapun cabang olahraga yang digelar pada Kejuaraan Multi Events Piala Panglima TNI tahun 2015 yang dilaksanakan oleh KOMI (Komite Olahraga Militer Indonesia), yaitu : Atletik dilaksanakan di Secapaad Bandung Jawa Barat, diikuti 135 atlet; Terjun Payung dilaksanakan di Pondok Cabe Tangerang, diikuti 60 atlet ; Layar dilaksanakan di Armatim Surabaya Jawa Timur, diikuti 60 atlet; Orienteering dilaksanakan di Bandung Jawa Barat, diikuti 33 atlet dan Lomba Menembak dilaksanakan di Jakarta, diikuti 105 atlet.(*)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR