Harapan Calon Ketua Umum HMI Pada Kongres HMI ke 29

HMI
Himpunan Mahasiswa Islam/Istimewa

LINTAS7 COM – JAKARTA- Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjend) Pengurus Besar HMI, Riduan Dalimunte mengatakan, Kongres ke-29 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang akan dilangsungkan di Kota Pekanbaru, Riau, pada 22-26 November 2015 mendatang harus menjadi agenda perbaikan dan penataan menjadikan HMI sebagai organisasi modern.

“Harus ada komitmen bersama dari seluruh cabang dan kandidat untuk menyukseskan perhelatan dua tahunan organisasi mahasiswa Islam tertua yang berdiri sejak 1947 silam,” kata Riduan, melalui siaran persnya, Rabu (04/11/15).

BACA : Ahok Sudah Laporkan Kasus Penghadangan Truk Sampah Jakarta

Riduan menilai, kongres tidak hanya sekadar prosesi pemilihan ketua umum (Ketum). Sebab di dalamnya ada forum pembahasan program stategis yang menjadi landasan kebijakan kepemimpinan selanjutnya.

“Saya pribadi, berharap cabang-cabang yang hadir sudah siap secara fisik, mental dan gagasan segar melanjutkan agenda perbaikan,” ujar Riduan.

Riduan yang juga menjadi Kandidat Ketum PB HMI menjelaskan, menghadapi perkembangan zaman yang pesat, HMI harus tampil sebagai organisasi mahasiswa yang modern, responsif dan dinamis.

“Modern dalam pengelolaan organisasi, responsif terhadap kondisi rakyat, dan dinamis dalam menghadapi perkembangan zaman,” ujarnya.

Menurut pria yang lahir di Labuhanbatu, Sumatera Utara ini sebagai organisasi pengkaderan yang sudah cukup lama eksis di Indonesia, HMI harus terus bergerak mengabdikan diri menjadi bagian perbaikan agenda keummatan dan kebangsaan.

“Karena itu, PB HMI ke depan harus memangkas agenda-agenda seremonial dengan mendorong lembaga kekaryaan sebagai lembaga yang konsen melakukan riset. Sehingga agenda perbaikan kita lebih strategis,” tutur Riduan.

Riduan sendiri, saat ini tengah menempuh pendidikan program pascasarjana (S2) di Universitas Jayabaya, Jakarta. Sebelumnya, ia menamatkan studi srata1 (S1) di Universitas Pasundan dan pernah menjabat sebagai Presiden Mahasiswa Universitas Pasundan dan Ketua Umum HMI Cabang Bandung.

Riduan mengaku, siap melanjutkan estafet kepemimpinan dan pengkaderan HMI karena sudah mendapatkan dukungan HMI dari cabang-cabang yang berasal dari daerah Jawa Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan-Barat, dan Jabotabeka-Banten.

“Diperkiraka akan ada potensi tambahan dukungan dalam waktu dekat dari HMI cabang-cabang daerah Riau-Kepri, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tengah dan daerah lain,” ucapnya.

“Yang paling penting, semua keluarga besar himpunan, baik pengurus, kader dan alumni komitmen melakukan perbaikan dan menyukseskan kongres ini. Karena apapun yang terjadi semua pasti sepakat jika tugas pengkaderan dan pengabdian adalah amanah sejak berdirinya HMI,” ujar Riduan.(*)

Jurnalis : AGUS IRAWAN

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR