Hadi Poernomo Menang, Ruki : Putusan Pengadilan Bertentangan dengan Undang-undang

Ruki
Photo : Plt Pimpinan KPK Taufiequrachman Ruki, bersama Calon Kapolri, Wakapolri Komjen Polisi Badrodin Haiti, di Istana Negara/istimewa

LINTAS7.COM – JAKARTA – Hakim Haswandi mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan mantan Dirjen Pajak Hadi Poernomo terkait penetapan sebagai tersangka dirinya oleh KPK.

Menanggapi hal ini, Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK, Taufiequrachman Ruki menyebutkan bahwa putusan hakim di praperadilan telah melampui permohonan pemohon.

Menurut Ruki, putusan itu bertentangan dengan Undang-Undang (UU) pemberantasan korupsi. Dia juga menilai, putusan tersebut telah memiliki implikasi yang sangat luas bagi penegakan hukum di Indonesia.

“Putusan hakim praperadilan telah melampaui permohonan pemohon. Ini bertentangan dengan undang-undang serta memiliki implikasi yang sangat luas bagi penegakan hukum maupun pemberantasan korupsi,” ujar Ruki saat memberikan keterangan pers di Gedung KPK, di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/05/15).

Selain itu, menanggapi putusan itu juga Ruki mempertanyakan soal putusan praperadilan itu apakah diperbolehkan dalam sidang yang putusannya diputuskan meski telah bertentangan dengan UU.

“Bolehkan putusan praperadilan bertentangan dengan undang-undang?” kata Ruki.

Lebih lanjut, hakim juga memutus di luar pokok perkara karena menyatakan penyelidik dan penyidik KPK yang tidak berasal dari kepolisian tidak sah.

Dan Ruki pun mengkritik putusan tersebut sebab keabsahan penyelidik atau penyidik KPK bukanlah wewenang dari sidang praperadilan.

“Pernyataan yang pengatakan penyidik dan penyelidik di luar Polri tidak sah sebagaimana diketahui sah atau tidak adalah masuk masalah administrasi dan bukan wewenang praperadilan,” ujar pensiunan jenderal bintang dua Polri itu.

Seperti diketahui, dalam konferensi pers tersebut Ruki ditemani Wakil Ketua KPK Zulkarnain, Pelaksana Wakil Ketua KPK Indriyanto Senoadji dan Direktur Penuntutan KPK Ranu Mihardja.(*)

KLIK SEBELUMNYA

Penulis : ADI KURNIAWAN

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR