Habib Hasan Arifin Yakin Kasus Ahok Tak Timbulkan Kerusuhan

Diskusi
Diskusi kasus Ahok, dari kiri ke kanan: Niko Adrian SH, MH, Habib dr. H. A Hasan Arifin, Haddad dan Muhammad Jokay/L7COM

LINTAS7.COM – JAKARTA – Kasus penistaan agama dengan tersangka Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, akan memasuki babak baru persidangan.

Pengadilan Negeri Jakarta Utara akan segera melakukan sidang lantaran Kejaksaan Agung telah menerima pelimpahan barang bukti dan tersangka dari pihak Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

BACA JUGA :

Namun, meski menjadi tersangka Polri dan Kejaksaan Agung tidak menahan Ahok. Hal ini tentunya menjadi pertanyaan publik mengapa Ahok tidak ditahan oleh kedua lembaga penegak hukum tersebut?

Praktisi Hukum Niko Adrian SH, MH menilai, seharusnya Ahok ditahan dan apabila ada upaya hukum penangguhan atau pengalihan tahanan karena ada yang menjamin untuk menjadi tahanan rumah atau kota dengan alasan jelas itu lain hal.

“Tahan saja (Ahok), bahwa nanti ada upaya hukum lain untuk menjadi tahanan rumah atau kota karena ada yang menjamin dari isteri atau tim sukses dengan alasan beliau sedang mengikuti kampaanye Pilkada itu soal lain, bisa saja dilakukan,” ujar Dosen Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia (FH UKI) saat diskusi kasus Ahok di Pondok Cempaka City, di Cempaka Putih Barat 17B, Jakarta Pusat, belum lamai ini.

Sementara itu, di tempat yang sama Habib dr. H. A Hasan Arifin, Haddad tidak mempersoalkan pernyataan Ahok mengenai surat Al Maidah ayat 51 dalam kunjungannya ke Pulau Seribu.

Ia pun yakin, tidak akan terjadi perang atau kerusuhan terkait kasus Ahok seperti yang ditakuti oleh banyak pihak.

“Perang salib itu bukan perang agama, perang penguasa yang waktu itu beragama Islam dengan penguasa yang beragama Kristen untuk memperebutkan wilayah. Jadi bukan perang agama tapi perang memperebutkan kekuasaan,” tegas Habib Hasan Arifin.

Namun begitu, mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta ini mengingatkan, Ahok agar tidak lagi membuat pernyataan-pernyataan yang bukan domainnya, sehingga tidak terjadi kontroversi di masyarakat.(Jok)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR