Fadli Zon Klaim Pemerintah Gagal Atasi Macet Mudik Lebaran 2018

foto
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon/istimewa

LINTAS7.COM – Jakarta – Kritikan pedas mengalir dari Wakil Wakil Ketua DPR Fadli Zon terkait persoalan mudik lebaran 2018.

Melalui keterangan persnya, politisi Gerindra tersebut mengklaim pemerintah telah gagal mengatasi kemacetan mudik lebaran.

“Pemerintah gagal memprediksi puncak arus mudik dan arus balik. Penetapan cuti bersama lebaran juga tidak jelas sehingga sejumlah perusahaan swasta, terpaksa menggeser libur mereka,” terang Fadli Zon, Kamis (21/06/2018).

Fadli Zon juga mengritik penerapan sistem contraflow dalam mengatasi kemacetan. Penerapan contraflow itu terlalu panjang dan berdampak merugikan masyarakat pengguna jalan tol berlawanan arah.

Selain itu Fadli Zon menilai bahwa pembangunan ruas tol baru yang diandalkan oleh pemerintah, ternyata bukanlah solusi akhir dalam mengatasi kemacetan saat mudik lebaran.

Fadli menyarankan, hendaknya pemerintah menindaklanjuti temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 2017. Dimana ada pengabaian terhadap penyesuaian standar pelayanan minimal (SPM) seiring dengan kenaikan tarif jalan tol.

Merujuk pemeriksaan BPK 2017, ditemukan pemenuhan SPM jalan tol yang tidak memadai. Misal tidak adanya SOP pemeriksaan pemenuhan SPM yang lengkap, tak adanya penetapan standar penggunaan kecepatan tempuh rata-rata dan beberapa ruas tol ditemukan masih tak penuhi indikator jumlah antrean kendaraan dan kecepatan tempuh minimal rata-rata.

“Mestinya pemerintah instruksikan BPJT fokus perbaiki kekurangan tersebut. Kalau SPM ini ditangani, kemacetan parah dalam momen mudik Lebaran bisa diperbaiki,” ujar Fadli Zon.

TINGGALKAN KOMENTAR