Alhamdulillah Tidak Ada Satupun Pimpinan KPK Masuk Kandidat Menteri

LINTAS7.COM – JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan, tidak ada satupun pimpinan KPK masuk dalam daftar kandidat menteri pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

Hal itu dipastikan Juru Bicara KPK Johan Budi SP, bahwa dari daftar 43 nama kandidat menteri yang diterima KPK untuk ditelusuri rekam jejaknya, tidak ada satupun nama pimpinan lembaga antikorupsi termasuk Ketua KPK Abraham Samad masuk dalam kandidat menteri.

“Alhamdulillah tidak ada satupun nama pimpinan yang masuk ke situ, sehingga kami lebih leluasa,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP, di Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/10/14).

Diketahui, 43 nama kandidat menteri sudah diserahkan Jokowi kepada KPK untuk ditelusuri rekam jejaknya. Dan, ke-43 nama tersebut telah ditelusuri oleh KPK. Bahkan menurut Wakil KPK Zulkarnain, pihaknya memberikan tanda warna kuning dan merah kepada kandidat menteri yang dipilih Jokowi.

Zulkarnain mengatakan, warna merah menandakan nama calon menteri tersebut punya potensi terlibat masalah hukum di KPK.

“Kami tidak pakai istilah lolos atau tidak lolos, tapi memberikan masukan sesuai yang diminta, yang berisiko tinggi kami anggap merah, yang kami anggap kurang kami beri warna kuning,” jelasnya kala itu, Senin (20/10/14). (*)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR